Prajurit Yonmarhanlan XII Terima Pembekalan Pengawak Posal Dan Posmat Perbatasan

Mempawah, PW: Bertempat di ruang rapat Mako Lantamal XII prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak menerima pembekalan pengetahuan serta pemahaman tentang peran, tugas dan fungsi pengawak Pos TNI Angkatan Laut (Posal) dan Pos Pengamat (Posmat) bertempat di Mako Lantamal XII Wajok Jl. Raya Wajok Hilir, Mempawah, Kalimantan Barat, Minggu (28/06/2020).

Diselenggarakannya pembekalan yang sudah berjalan 3 hari dari Jum’at – Minggu ini, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran, tugas dan fungsi pengawak Pos TNI AL yaitu sebagai pengindera dini dan pengumpul data intelijen maritim, pengamanan aset TNI AL, penggalangan terhadap tokoh masyarakat (Tomas), tokoh agama (Toga) tokoh adat (Toda) serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) juga melaksanakan kegiatan ketahanan wilayah dan potensi maritim serta bersinergi dengan instansi samping dalam rangka mendukung segala kebijakan pemerintah pusat dan daerah setempat.

Adapun materi yang diberikan kepada pengawak Pos TNI AL yaitu Pengetahuan tentang Alutsista, Keamanan laut (Ops), Pengetahuan Intelijen, Potensi Maritim, Bidang Hukum, Bidang Komunikasi, Pembinaan personel serta dilengkapi dengan screening oleh staf Intelijen. Diharakan dengan adanya pembekalan ini seluruh pengawak Pos TNI AL timbul kepekaan dan insting yang kuat terhadap dinamika dilapangan, sehingga dalam memberikan informasi, lebih cepat, tepat dan relevan. Sebagai bahan pengambilan keputusan pimpinan.

Untuk personel Yonmarhanlan XII yang turut memperkuat operasional Lantamal XII dalam penugasan ini yaitu, Posal Serasan diawaki Serka RKG Muzammil Imron dengan Pratu mar Muhammad Aulia Rahmad, Posal Subi diawaki Pratu Mar Putra Bagus Prabowo dengan Pratu Mar Bayu Sakti Satria Pratama, Posal Temajuk diisi Pratu Mar Babar Salodi dengan Pratu Mar Denny Al Ghani Fadli sementara Posal Mempawah diawaki oleh Sertu Mar Mufrodi dengan Pratu mar Riswan Basir. Disamping dari prajurit Marinir penempatan personel di Posal dan Posmat juga melibatkan peajurit dari Lantamal XII yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) pengamanan wilayah perbatasan, dan keberangkatan mereka nanti akan dilepas oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL Pontianak Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi pada hari Senin 29 Juni 2020.

Sementara arahan Danyonmarhanlan XII Letkol Marinir Sofian Cahyo Utomo, M.Tr.Opsla., yang saat itu turut mendampingi bahwa penugasan ini merupakan kesejahteraan dari dinas yang diberikan mengingat prajurit yang ditunjuk berdasarkan kesiapan fisik, mental dan kesehatan yang prima tingkat kemampuan dasar yang teruji, serta pengetahuan teritorial yang mumpuni, diharapkan dalam penugasan nanti dapat dilaksanakan dengan baik, dan bertanggung jawab serta bisa mengharumkan nama Satuan.

Total Views: 586 ,

Related posts