TINGKATKAN DISIPLIN PRAJURIT, YONIF 5 MARINIR GELAR OPERASI GAKTIBPLIN DAN ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19

(Surabaya) PW : Dalam rangka mengurangi angka pelanggaran yang dilakukan prajurit saat berkendara roda dua dan roda empat di jalan raya serta antisipasi penyebaran virus Covid 19, jajaran Staf Intelijen dan Provos Batalion 5 Marinir  menggelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) di Ksatrian Marinir Soeroto ll Ujung, Surabaya, Jawa Timur. Senin (11/05/2020).

Operasi Gaktibplin yang dipimpin Pasi Intel Yonif 5 Mar Kapten Marinir  Yudi Alhudi, S.H., M.H tersebut dilaksanakan terpusat yaitu di penjagaan Pos Utama (Pos Satu) Yonif 5 Marinir bagi siapa saja personel yang masuk ke Ksatrian Marinir Soeroto ll dengan tujuan untuk penegakan dan ketertiban disiplin dalam mengendarai kendaraan bermotor, sekaligus untuk mencegah penyebaran covid-19.

Kapten Marinir Yudi Alhudi, S.H., M.H. mengatakan, operasi Gaktibplin dilaksanakan dengan tujuan selain untuk mengurangi angka pelanggaran prajurit, juga sebagai wahana untuk mendidik para prajurit agar selalu berperilaku tertib berlalu lintas di jalan raya dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Sasaran dalam pelaksanaan operasi Gaktibplin ini meliputi kelengkapan kendaraan bermotor seperti STNK, plat nomor, spion, helm dan kelengkapan administrasi lainnya serta GAM TNI,” jelasnya.

Sementara itu Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Supriyadi, M.Tr.Hanla menyambut baik upaya yang telah dilakukan jajaran Staf Intelijen dan Provos Yonif 5 Marinir yang telah melaksanakan operasi Gaktibplin.

Menurut Danyonif 5 Mar, operasi Gaktibplin merupakan upaya satuan untuk melindungi dan menjaga prajurit beserta keluarganya dalam hal pengamanan internal ke dalam. “Bukan untuk memberikan sanksi, tetapi untuk mengingatkan agar kekurangan dalam mendukung tugas dapat dieliminir, sehingga semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Total Views: 672 ,

Related posts