Hari Ini 1 PDP Covid-19 di Kota Sorong Meninggal Dunia

Kota Sorong, PW: Berdasarkan informasi dari Rudi Laku selaku Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 terkait pemantauan penyebaran virus Covid-19, hari ini 1 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal dunia di RSUD Selebesolu Kota Sorong. Informasi ini disampaikan Rudi Laku kepada insan pers, saat menggelar jumpa pers di posko satgas Covid-19 Kantor Walikota Sorong (26/3).

Menurut Rudi Laku, 1 orang PDP yang meninggal usianya diperkirakan 47 tahun dan berjenis kelamin perempuan. “Pagi tadi pukul 07.45 wit, 1 PDP yang dirawat di RSUD Selebesolu sejak 21 Maret 2020 meninggal dunia. Dan sudah dimakamkan sesuai SOP yang ada. 1 PDP yang meninggal ini, merupakan salah satu dari 5 sampel PDP yang dikirimkan ke Puslitbangkes Kementerian Kesehatan di Jakarta”, terang Rudi Laku.

Rudi Laku menyampaikan bahwa pihaknya belum mendapatkan hasil dari sampel itu. “Jadi kami masih menunggu hasil dari sampel yang dikirimkan. Karena sampai saat ini, kami belum menerima hasilnya. Dan untuk 1 PDP yang meninggal, jenasah tidak lagi dibawah kerumah, namun dari rumah sakit langsung dibawah ke tempat pemakaman. Tim yang menangani memakai Alat Pelindung Diri (APD) sesuai SOP pemerintah”, tutur Rudi Laku.

Namun untuk saat ini Tim Satgas belum bisa berspekulasi apakah 1 orang PDP yang meninggal tersebut positif atau negatif terkena virus Covid-19. “Masyarakat dapat menilai menurut penilaian masing-masing, namun kami tetap akan berpedoman pada hasil yang dari Puslitbangkes Kementerian Kesehatan”, ujar Rudi Laku.

Untuk diketahui sampai saat ini di Kota Sorong ada 7 Rumah Sakit, namun hanya 3 Rumah Sakit rujukan untuk penanganan pasien virus Covid-19, yaitu: RSUD Selebesolu, RS TNI AD Dr Aryoko dan RS TNI AL Dr R Oetojo. Sedangkan saat ini Orang Dalam Pemantauan (ODP) 41 orang, sudah selesai pemantauan ada 8 ODP. Sehingga yang masih dalam proses pemantauan ada 33 ODP. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 7 orang, 1 PDP meninggal dan 2 PDP telah selesai proses pengawasan. Jadi saat ini di Kota Sorong hanya ada 4 PDP yang masih dalam proses.

Rudi Laku menghimbau agar masyarakat luas untuk tetap tenang, karena semua pembaharuan informasi akan kita sampaikan setiap waktu. Dan informasi itu hanya dari Satgas Covid-19 Kota Sorong. Hal ini berdasarkan fakta-fakta yang ada dari Tim Satgas. Masyarakat harus dapat mempercayai informasi dari Tim Satgas.

*Jacob

Total Views: 13214 ,

Related posts